Jumat, 14 Desember 2012

Review : Tanda Tanya ( ? ) - 2011


Tanda Tanya ( ? )

Sinopsis

Dikisahkan bahwa terdapat 3 keluarga dengan latar belakang yang berbeda. Keluarga Tan Kat Sun memiliki restoran masakan Cina yang tidak halal, Keluarga Soleh, dengan masalah Soleh sebagai kepala keluarga yang tidak bekerja namun memiliki istri yang cantik dan soleha, Keluarga Rika, seorang janda dengan seorang anak, yang berhubungan dengan Surya, pemuda yang belum pernah menikah. Hubungan antar keluarga ini dalam kaitannya dengan masalah perbedaan pandangan, status, agama dan suku
sumber : WIKIPEDIA

Review

hmmm gimana ya menceritakan awal untuk review film ini ? (tanda tanya) hahahaha. yang jelas film denga genre religi kaya gini emang sensitive banget,buktinya film ini sempat dilarang tayang di televisi nasional oleh beberapa ormas. gua juga gak ngerti kenapa di larang,karna film ini gak menyinggung agama manapun termasuk agama yang di film kan di film "?" ini.  film yang di rilis 7 april 2011 ini memang kontroversial,ormas besar seperti MUI pun ikut menyertakan suaranya dalam aksi penolakan film ini,namun sepertinya MUI masih mempunyai tata krama,ia hanya memberikan rekomendasi agar film ini tak tayang di tv,dan melakukan pemotongan beberapa scene di film ini. yahh agak menyayangkan memang, namun ya ini lah industri perfilman indonesia yang amat sangat di pantau oleh banyaknya ormas yang ada.
film yang katanya memberikan gambar islam yang sedikit berbeda ini sempat ingin di tayangkan di salah satu stasiun tv swasta kita namun sepeti sebelumnya,ormas itu kembali beraksi dan membuat film ini gagal tayang.

cerita di film ini memang amat sangat kompleks,dari mulai ibu yang beragama nasrani dan memiliki anak yang beragama muslim,ada juga keluarga tionghoa yang memiliki restoran china yang memiliki anak muda pengangguran,dan tidak mau meneruskan usaha ayahnya,kemudian ada pasangan suami istri dari agama islam dimana awalnya suaminya pengangguran dan istrinya bekerja di restoran china milik keluarga tionghoa tersebut. karakter tiap tokoh dalam film ini juga amat sangat kuat dan membantu naik turunnya tiap alur yang di berikan oleh film ini.seperti yang kita tahu para aktris dan aktor yang bermain dalam film ini amat sangat bermain dengan luar biasa. cerita pun di kemas dengan sangat ciamik tanpa memojokan agama lainnya,semua yang kita lihat di film ini memang amat sangat real,seperti masih rasis nya manusia dlam agama maupun ras/budaya orang lain,keserakahan, cibiran orang lain. film ini bukan tidak menghadirkan adegan cinta,sebenarnya ada namun tidak berlebihan,karna ini memang bukan film remaja yang masih terjebak tentang cinta monyetnya atau apapun itu,tapi film ini menawarkan cinta yang cukup dan keharmonisan.
keberagaman agama yang kita lihat di film ini dan para tokoh yang di buat saling membenci satu sama lain amat sangat ada di dunia nyata,dan film ini seperti ingin mengajarkan para penontonnya tentang indahnya kebersamaan,saling menghargai dan menghormati,hingga hidup dengan harmonis.
 film ini sangat pas di saksikan bersama keluarga,karna banyak point penting di dalamnya.
ini juga seperti gebrakan mas hanung dlam membuat film,sebelumnya ia hanya membuat film religi dengan mengusung tema cinta yang islami,kini ia membuat dengan gaya baru yang memang di butuh kan rakyat indonesia sekarang ini.
"tuhan kita mungkin berbeda,tapi tuhan kita mengajarkan hal yang sama dan kita pun memiliki tujuan yang sama"
dari 1-10 gua akan memberikan nilai 9,5.dan mari kita angkat topi bersama untuk mas hanung yang telah berani mengangkat isu plural di negri kita. ini bukan masalah 'agama kita berbeda' tapi lebih tentang toleransi dan bhineka tunggal ika. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar